IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI LAGU HURUF VOKAL DAN KONSONAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-HIDAYAH MANDE

Authors

  • Lina Marlina STAI Al-Ittihad Cianjur
  • Muhammad Rizal Zaenulloh STAI Al-Ittihad
  • Arif Ahmad Fauzi STAI Al-Ittihad Cianjur

DOI:

https://doi.org/10.62495/jpime.v2i2.32

Keywords:

metode bernyanyi, huruf vokal, huruf konsonan, kemampuan membaca, anak usia dini.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode menyanyikan lagu vokal dan konsonan terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Hidayah Mande. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan metode menyanyikan lagu vokal dan konsonan terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun serta tingkat efektivitas metode tersebut terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Hidayah Mande.

Penelitian ini menggabungkan metodologi studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan orang tua, pengurus, dan instruktur, serta perekaman proses pendidikan di PAUD Al-Hidayah Mande membawakan lagu yang mengandung vokal dan konsonan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik menyanyikan lagu vokal dan konsonan dapat meningkatkan tingkat pemahaman bacaan anak usia lima hingga enam tahun. Pembelajaran dengan pendekatan ini meningkatkan kemampuan anak-anak untuk mengenali dan mengucapkan huruf, mengingat vokal dan konsonan, merangkai huruf menjadi suku kata, dan merangkai suku kata menjadi kata. Jelas dari uraian sebelumnya bahwa menyanyikan lagu vokal dan konsonan merupakan cara yang sangat efisien untuk membantu anak-anak meningkatkan kemampuan membaca mereka.

Published

2024-08-25