IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI LAGU HURUF VOKAL DAN KONSONAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-HIDAYAH MANDE
DOI:
https://doi.org/10.62495/jpime.v2i2.32Keywords:
metode bernyanyi, huruf vokal, huruf konsonan, kemampuan membaca, anak usia dini.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode menyanyikan lagu vokal dan konsonan terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Hidayah Mande. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan metode menyanyikan lagu vokal dan konsonan terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun serta tingkat efektivitas metode tersebut terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Hidayah Mande.
Penelitian ini menggabungkan metodologi studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan orang tua, pengurus, dan instruktur, serta perekaman proses pendidikan di PAUD Al-Hidayah Mande membawakan lagu yang mengandung vokal dan konsonan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik menyanyikan lagu vokal dan konsonan dapat meningkatkan tingkat pemahaman bacaan anak usia lima hingga enam tahun. Pembelajaran dengan pendekatan ini meningkatkan kemampuan anak-anak untuk mengenali dan mengucapkan huruf, mengingat vokal dan konsonan, merangkai huruf menjadi suku kata, dan merangkai suku kata menjadi kata. Jelas dari uraian sebelumnya bahwa menyanyikan lagu vokal dan konsonan merupakan cara yang sangat efisien untuk membantu anak-anak meningkatkan kemampuan membaca mereka.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.